home -> Ragnarok Online M -> Tips Bemarin Ragnarok M: Eternal Love Bagi Newbie
19 Desember 2018 13:32

Tips Bemarin Ragnarok M: Eternal Love Bagi Newbie

Oleh reagan dalam Ragnarok Online M pada November 09, 2018

Bagi yang sudah pernah memainkan game Ragnarok online versi pc pastinya sudah terbiasa dan tidak akan mengalami kendala ketika bermain di versi mobile. Ya, mobile, pada bulan Oktober 2018, telah rilis Ragnarok M: Eternal Love. Game ini dirilis oleh pihak Gravity Interactive inc. Tema game masih sama yakni MMORPG, hanya saja kali ini dimainkan via smartphone. 

Tertarik memainkannya tapi belum pernah memainkan game Ragnarok sebelumnya? Jangan khawatir, ada banyak tips dan trik bermain Ragnarok M: Eternal Love yang akan kami bagikan di bawah ini. Mudah-mudahan tips dan trik ini bisa mempermudah kalian dalam meningkatkan level karakter kalian. 

Tentukan Job

job

Di awal permainan, akan menjalani dulu yang namanya novice. Baru di saat mencapai level 10, kalian akan diberikan pilihan job. Di Ragnarok M: Eternal Love tersedia 6 job yaitu:

  1. Acolyte
  2. Swordsman
  3. Mage
  4. Thief
  5. Archer
  6. Merchant

Setiap job memiliki attribute, skill, dan gameplay yang berbeda. Sebaiknya ketika menjalani job sebagai novice, kalian sudah sembari memikirkan akan memilih job apa. Dengan begitu, kalian tahu attribute, skill, dan gameplay apa yang harusnya kalian mainkan.

Ganti Job

job change

Sudah disebutkan bahwa di Ragnarok M: Eternal Love terdapat 6 job yang nantinya dari job tersebut akan bercabang lagi menjadi beberapa job atau yang disebut job lv 2 dan begitu seterusnya. Untuk berganti job novice ke job level 1 akan terjadi di level 10. Di level 40 baru kalian akan mendapatkan pilihan job 2,

Quest

quest

Bermain game tipe MMORPG seperti ini tidak selalu mengharuskan kita untuk menghajar setiap musuh yang muncul untuk menambah level. Ada banyak quest yang harus kalian ambil sebagai alat bantu untuk menaiki level. Malahan, ketika awal bermain, disarankan untuk mengambil dan menyelesaikan banyak quest. Ini dikarenakan hadiah exp lebih besar dan bisa membuat kalian naik level lebih cepat.

Stamina

stamina

Sudah kecanduan parah Ragnarok M: Eternal Love? Perlu kalian ketahui bahwa bermain game terus menerus tanpa istirahat itu buruk bagi kesehatan. Nah, kalian yang terlalu lama bermain Raganok, nanti akan ada saatnya kalian hunting monster tapi tidak mendapatkan exp dan item drop. Hal itu dikarenakan Ragnarok M: Eternal Love memiliki sistem stamina. Apa sih stamina itu?

Stamina di game ini memiliki arti waktu membunuh monster. Bila kalian melewati batas membunuh monster yang sudah ditentukan, maka kalian tidak akan mendapat exp dan juga item drop. Batas berburu monster di Ragnarok adalah 300 menit atau 5 jam. Stamina akan pulih kembali setelah kalian mendengarkan musik melalui NPC Music Box yang berada di Prontera atau Guild Hall selama 60 menit.

Attribute

attribute

Sudah dijelaskan bahwa setiap job memiliki attribute point yang harus dinaikkan. Attribute point setiap job berbeda dan menentukan seberapa besar damage, hp, magic attack, dan status lainnya. Andaikan kalian mengambil job sebagai swordsman tapi bingung harus menaikkan atrribute apa, ada pilihan Build yang akan secara otomatis menaikkan attribute kalian sesuai dengan rekomendasi game.

Skill

skill

Ada attribute, ada juga skill. Setiap job di Ragnarok terdapat skill yang berbeda. Pilihan skill kalian juga tidak boleh sampai salah. Andaikan kalian salah menaikan salah satu skill, maka kalian diberikan 2 item untuk mereset skill. Bila tidak, maka kalian harus membeli item tersebut dengan harga yang cukup mahal. Maka usahakan membaca dan cari tahu dulu skill apa saja yang diperlukan untuk karakter kalian.

Auto Attack

auto attack

Untuk mereka yang super sibuk, pastinya sangat sulit untuk leveling sambil bekerja. Untungnya di Ragnarok M: Eternal Love diberikan fitur auto attack. Fitur ini membuat kalian bisa memerintahkan karakter kalian untuk membunuh monster dan bisa meninggalkan karakter kalian dan melanjutkan pekerjaan yang lain. Di game, inilah yang dinamakan grinding.

Party

party

Game tipe MMORPG sebenarnya tidak didesain untuk gamer yang senang bermain sendiri. Ragnarok M: Eternal Love terdapat party yang bisa membuat kalian bertemu dengan sesama gamer juga. Siapa tahu saja kalian bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat atau ternyata bertemu dengan jodoh kalian. Bergabung dengan party juga bisa membuat kalian memudahkan menyelesaikan quest-quest yang sulit.

Guild

guild

Guild bukan hanya ajang kumpul dengan teman segame, tapi juga untuk mendapat tambahan stat permanen dari fitur guild seperti Valkyrie atau Rune di Aesir Monument. Dengan melakukan donasi pada guild, kalian akan mendapat poin kontribusi yang dipakai untuk melakukan upgrade tersebut. Bergabung dalam sebuah guild juga terdapat sejumlah misi yang harus diselesaikan. Tentunya kalian akan mendapatkan reward setelah menyelesaikan quest tersebut.

Monster Resistance dan Lightning Chain

Monster Resistance dan Lightning Chain

Pasti banyak di antara kalian yang ingin menaikan level karakter kalian secepat mungkin, Ragnarok M: Eternal Love memiliki fitur khusus yang dipakai untuk menaikkan level karakter dengan cepat. Di setiap kota, tersedia NPC yang menyediakan quest Monster Resistance yang bisa membuat kalian mendapatkan exp sebesar 10 kali lipat untuk mengalahkan monster. Ketika stamina jalan, kalian bisa menggunakan buff ini untuk mempercepat proses hunting.

Apa quest ini bisa ditambil kapan pun? Tentu tidak, jika bisa, nanti akan ada banyak orang dengan karakter level yang tinggi. Ada batas pengambilan quest sebanyak 2 kali setiap harinya. Selain itu, ada juga batasan exp maksimal yang bisa diperoleh sesuai dengan level kalian. Kalian yang mau ngebut, quest ini wajib diambil dan diselesaikan setiap hari. Selalu ingat untuk mengambil Monster Resistance dan menambah efek experience dengan bantuan Lightning Chain.

Bermain Dengan Teman Harus Satu Channel

friends

Bermain dengan teman itu sangat mungkin dilakukan di Ragnarok M: Eternal Love. Tapi hambatannya adalah, Ragnarok tidak punya halaman server untuk memberi informasi di mana kalian bermain. Untuk mengecek server atau channel, kalian bisa melihat tulisan angka di bagian map. Nantinya kalian harus berada di channel yang sama dengan teman kalian untuk bisa melakukan party atau ikut guild yang sama.

Untuk bisa pindah ke channel yang sama, kalian bisa menggunakan NPC Channel Teleporter yang letaknya hanya ada di Izlude. Nanti kalian hanya perlu mencantumkan nomor channel yang ingin kalian tuju. Setelah membayar sedikit tarif, kalian akan dipindahkan ke channel baru. Semua barang dan progresi karakter yang kalian peroleh tidak akan hilang setiap ganti channel.

Monster Watcher

Monster Watcher

Monster Watcher dapat memberikan kalian sebanyak 2 kali per hari untuk mengunjungi lokasi di mana dapat memberikan exp sebanyak 10 kali lipat. Meski ada batasan untuk berapa banyak yang kalian hasilkan, itu masih merupakan bantuan besar buat kamu dan tidak boleh diabaikan karena nanti beberapa quest akan memiliki persyaratan level minimum dan kamu pasti ingin melewati itu dengan cepat

Potion dan Fly Wings

Potion dan Fly Wings

Ketika sedang berburu monster, beberapa job ada yang memerlukan potion dan juga fly wings. Kedua item ini sangat penting, tidak boleh kalian lupakan. Potion ada 2 jenis yaitu red potion yang berguna untuk memulihkan hp dan blue potion yang berguna untuk memulihkan sp. Nah kalua untuk fly wings, item ini berguna untuk menteleport kalian ke dalam map sehingga tidak perlu berjalan jauh. Bisa juga digunakan untuk keluar saat keadaan darurat.

Cek Inventory

inventory

Setelah membunuh monster, ada kesempatan kalian mendapatkan item drop. Item drop ini secara otomatis akan tersimpan dalam inventory kalian. Semakin banyak monster yang kalian bunuh, maka kemungkinan semakin besar juga kalian mendapatkan item drop. Juga beberapa quest ada yang memberikan reward hadiah dan hadiah juga akan tersimpan dalam inventory.

Perlu kalian waspadai bahwa ada beberapa kotak hadiah yang harus dibuka secepat mungkin. Untuk setiap 10 level akan ada Growth Pack yang berisi hadiah yang mencakup Zeny dan barang lainnya. 

Adventure Book

Adventure Book

Adventure Handbook adalah fitus baru yang disematkan pada Ragnarok M: Eternal Love. Di fitur ini, kalian bisa isi dengan pengalaman kalian ketika bermain game. Mulai dari daftar monster yang sempat dibunuh, foto pemandangan atau barang yang kalian kumpulkan.

Nantinya, hal ini diakumulasi menjadi Adventurer Level. Semakin jauh dan lengkap petualangan yang dilakukan, kalian akan mendapat hadiah beragam seperti tambahan stat permanen.

Gacha

Gacha

Oh iya, tidak lupa bahwa di game Ragnarok M: Eternal Love ini juga ada yang namanya gacha. Ada gacha headgear, equipment, dan kartu yang berguna bagi para newbie atau pemula yang belum memiliki senjata dan armor. Gacha bisa dilakukan di The Fantasy Circus Generators. Untuk bisa melakukan gacha, kalian membutuhkan sejumlah tiket. Dan tiket tersebut bisa dibeli dengan menggunakan uang nyata alias rupiah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  2. 2
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  3. 3
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  4. 4
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  5. 5
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  6. 6
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  7. 7
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  8. 8
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  9. 9
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  10. 10
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  1. 1
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  2. 2
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  3. 3
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  4. 4
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  5. 5
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  6. 6
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  7. 7
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  8. 8
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  9. 9
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
  10. 10
    oleh reagan dalam Ragnarok Online M
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas